You are here: Home > > Badai Matahari Timbulkan Kerusakan pada Mars Odyssey

Badai Matahari Timbulkan Kerusakan pada Mars Odyssey



Badan antariksa AS, NASA, mengatakan bahwa salah satu dari instrumen yang melengkapi wahana Mars Odyssey mengalami kerusakan akibat terhempas badai Matahari. Instrumen tersebut --yang dirancang untuk mengukur resiko yang dihadapi manusia bila pergi ke Mars-- berhenti bekerja sejak badai Matahari berhembus tanggal 28 Oktober lalu.

Untuk menanggulangi kerusakan di atas, NASA kini berusaha mengontak Odyssey dengan harapan instrumen tersebut bisa berfungsi lagi. Perlu diketahui, selain merusakkan Mars Odyssey, badai juga sempat menyebabkan mati listrik di Swedia, menimbulkan masalah pada dua satelit Jepang, dan mengganggu sistem radio dan navigasi pesawat dan kapal.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebulan lalu Matahari berada dalam periode aktif, dan menyemburkan partikel-partikel bermuatan atau dikenal sebagai badai Matahari, dengan kekuatan sangat besar. Radiasi dan milyaran ton partikel bermuatan terlontar ke angkasa dengan kecepatan tinggi dan mencapai Bumi, juga Mars, sehingga instrumen Odyssey --yang telah mengorbit Mars selama dua tahun-- ikut terkena dampaknya.


Apakah kerusakan itu nantinya bisa diperbaiki, NASA sendiri belum bisa memastikan. Namun seandainya ia tidak lagi bisa dipakai, hal itu tidak terlalu menjadi masalah karena tugas instrumen itu sudah terlaksanakan.

"Walau tidak ada tambahan data lagi dari instrumen tersebut di masa mendatang, ia sudah memberi banyak pengetahuan pada manusia mengenai lingkungan Mars yang perlu diantisipasi bila kelak kita mengirimkan manusia ke sana," ujar Jeffrey Plaut, salah satu ilmuwan yang menangani pengoperasian Mars Odyssey.

Wahana peneliti AS itu masih akan bertugas beberapa waktu di sekitar planet merah. Ia juga akan menjadi penghubung bagi wahana pendarat Inggris, Beagle 2, yang akan mencapai Mars pada hari Natal. Odyssey akan menjadi wahana pertama yang meneruskan sinyal Beagle dan melaporkan apakah pendarat itu berhasil mencapai Mars dengan selamat.

Sumber : Kompas

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Responses to “Badai Matahari Timbulkan Kerusakan pada Mars Odyssey”: